Selasa, 10 September 2019

Bidang UMKM yang Umum dijalankan di Indonesia

| Selasa, 10 September 2019
Photo by Jordan Christian on Unsplash
Jika sebuah negara ingin menjadi negara maju maka negara tersebut harus memiliki warga negara yang berbisnis dibidang usaha. Dikutip dari okezone.com bahwa syarat menjadi negara yang maju adalah memiliki wirausaha 14% dari rasio penduduknya. Pernyataan tersebut membuktikan bahwa adanya wirausaha sangat berpengaru terhadap kemajuan bangsa.

Okezone.com juga mengeluarkan data bahwa Indonesia saat ini masih kekurangan wirausaha. Dari rasio yang seharusnya 14%, saat ini Indonesia masih berada diangka 3,1%. Jika kalian berniat menjadi wirausaha saat ini, anda mungkin bisa menaikan rasio tersebut agar jumlah wirausaha di Indonesia bertambah. 

Banyak sekali jenis usaha yang ada didunia ini, dengan berbagai bentuk dan cara menjalankannya yang berbeda beda. Dibawah ini akan dibagikan beberapa bidang usaha yang umum dilakuakan di Indonesia. Langsung saja kita simak.

Bidang Makanan

Usaha bidang makanan dangat populer di Indonesia. Karena semua orang butuh makan setiap hari maka bidang usaha ini akan terus ada dan berinovasi agar tetap menarik pembeli. Biasanya kaum muda yang menggeluti bidang ini akan memodifikasi makannan yang ada lalu disesuaikan dengan tren yang ada supaya menarik khalayak yang lebih luas lagi.

Beberapa contoh bisnis makanan adalah : Martabak Markobar, Kripik Mak Ichi, Sang Pisang Dll

Bidang Feshion

Setali tiga uang dengan makanan, bidang feshion juga bisnis yang sangat dibutuhkan masyarakat karena setiap orang memerlukannya. Dengan berkembangnya jaman, bisnis feshion terus berinovasi dengan tangan kreatiif anak muda sampai saat ini. buat kalian yang ingin terjun dibidang ini harus sering menambah wawasan tentang feshion agar muncul ide – ide kreatif ketika membangun bisnis dibidang ini
Beberapa contoh bisnis feshion : Dagadu, Damn I Love Indonesia, Darbost Dll

Bidang Pendidikan

Peluang yang ada dibisnis pendidikan ini cukup besar. Mulai dari membuka jasa les privat sampai membuka jasa les colektif. Bagi sebagian orang pendidikan disekolah mungkin kurang maka dari itu bisnis pendidikan ini dibutuhkan banyak orang karena orang akan mau mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan akses pendidikan lebih ini. 

Beberapa Contoh Bisnis pendidikan : Ganesha Opratione, SSC, Neutron Dll

Bisnis Tumbuhan

Memulai bisnis bisa darri hal yang kalian sukai. Misalnya kalian menyukai cocok tanam, kalian bisa memanfaatkan tanaman tersbut untuk dijual. Misalnya menjual sayur segar tanpa bahan kimia, ini mungkin peluang usaha yang mengiurkan bagi kalian. atau menjual tanaman bonsai yang kalian bentuk bertahun-tahun.

Bisnis otomotif

Bidang  otomotif juga bisa menjadi pilihan kalian selanjutnya. Dibidang otomotig kalian bisa menjual belikan barang -  barang antik dan susah didapat. Bagi pemburu koleksi itu adalah yang mereka butuhkan. Selain itu kalian bisa juga melakukan jual beli spearpart dan accecoris. Bisnis ini niche nya sudah jelas jadi kalian hanya perlu strategi pemasaran

Bisnis Kerajinan Tangan

Bagi kalian yeng memiliki keterampilan dalam membuat suatu benda mungkin bisnis ini cocok untuk kalian. kalian bisa mulai dengan membuat sesuatu yang unik dan bernilai tinggi lalu menjuanya kepada konsumen. Bisnis ini memerlukan kahlian khusus bagi mereka yang ingin menggelutinya.
Setelah kerajinan tersebut sudah siap untuk dipasarkan kalian harus pintar dalam mencari pelanggan. Salah satunya dengan cara berjualan secara offline dan online. Secara offline kalian bisa melakukanya dirumah jika belum memiliki toko.

Sedangkan untuk berjualan online kalian bisa memanfaatkan aplikasi jual beli online. Salah satunya adalah Tititpku. Titipku akan membantu menjualakan produk UMKM kalian secara maksimal tetapi tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Jadi tunggu apalagi kalian yang punya usaha bisa langsung menjual barang kalian diaplikasi Titipku. Langsung saja download aplikasinya diplaystore sekarang juga. See You

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar