Sabtu, 07 September 2019

Bertahanlah ! Ini kesulitan yang akan kamu dapatkan ketika menjadi mahasiswa baru

| Sabtu, 07 September 2019



https://unsplash.com/photos/-2vD8lIhdnw
Bagi sebagian orang menjadi mahasiwa adalah hal yang sangat didambakan, selain karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan itu tapi juga karena menjadi mahasiswa terlihat kece dimata orang-orang. Sebagian lagi berfikir bahwa menjadi mahasiswa baru harus beradaptasi dengan lingkungan baru dan mencoba menjalin pertemanan baru juga. Baca Tips Berteman untuk Mahasiswa Baru.


Terdapat banyak sekali ekspetasi mahasiswa baru terhadap dunia perkuliahan yang akan segera mereka lewati ini. Mereka terbagi menjadi dua golongan besar dalam menghadapinya. Pertama, golongan mahasiswa baru antusias, golongan ini merasa bahwa dunia kuliah akan sangat mengasikan dengan hiruk pikuk perkampusan. Golongan kedua adalah mereka yang pasif atau apatis. golongan kedua ini cenderung tidak ingin terlibat banyak dalam urusan – urusan perkampusan, lebih fokus pada belajar dan menyelesaikan study.


Kalian golongan yang mana. Pertama atau kedua? Baik golongan pertama maupun golongan kedua berikut adalah kesulitan yang kalian akan temukan ketika kalian menjadi mahasiwa baru. Artikel ini dibuat bukan untuk menakut-nakuti tapi lebih kepada memberikan informasi supaya kalian siap menghadapi dunia kuliah. Let’s Go!


Boros


Kalian mahasiswa baru pasti akan memerlukan barang – barang untuk kuliah. Barang – barang dapat kalian beli bekas maupun baru untuk mendukung kuliah kalian. contohnya kalian membutuhkan kemeja karena didunia kuliah tidak ada namanya seragam yang sama. jadi kalian nanti jika kuliah harus menggunakan kemeja atau paling tidak baju yang berkerah. Ini untuk laki – laki.

Sedangkan perempuan biasanya membutuhkan sepatu baru karena semasa sekolah menengah atas (SMA) kalian tidak diperbolehkan menggunakan sepatu berwarna. Berbeda jika kuliah maka dari itu ini adalah hal yang akan mmembuat kalian lebih boros uang waktu menjadi mahasiswa baru.

Selain perlengkapan tersebut kalian nanti juga akan mengeluarkan uang untuk keperluan pengembangan diri seperti, daftar UKM, Makrab Jurusan, daftar Ormawa dan sebagainya. Maka dari itu kalian harus pintar dalam mengatur keungan agar dompet tidak menangis diakhir.


Senior


Praktek perploncoan sangat dilarang didunia pendidikan saat ini tetapi pada prakteknya masih ada beberapa oknum yang melakukan hal tersebut. Untuk kalian mahasiswa baru harus tanggap terhadap masalah ini. harus mengetahui batas dari sebuah pendidikan yang biasanya diberikan senior kepada juniornya. Jadi kalian jangan ragu ketika menemukan praktek perploncoan langsung laporkan kepihak jurusan atau fakultas.

Diluar itu semua sikap dan karakter mahasiswa baru juga harus dijaga terhadap mahasiswa yang sudah lebih dulu menuntut ilmu. Kalian tidak perlu takut terhadap senior tetapi kalian harus menunjukan sikap baik sebagai sesama mahasiswa.


Sibuk


Sudah menjadi rahasia umum ketika menjadi mahasiswa kita diharuskan untuk menyibukan diri. Jadi tidak hanya kuliah tetapi juga mengikuti kegiatan diluar jam kuliah seperti UKM, Ormawa, dan Organisasi diluar kampus. Ini akan membuat kalian lebih produktif dalam menjalani masa kuliah. Masalahnya ketika menjadi mahasiswa baru tak jarang semua hal diikuti sekaligus. Hal ini akan menyusahkan kalian kedepanya.


Mengatur skala prioritas menjadi solusi ketika kalian berminat pada banyak hal. Ingatlah tujuan utama kalian kuliah adalah untuk mencari ilmu dibidang akademik jangan sampai kegiatan luar akademik mengganggu kalian. cukup ikuti 2 organisasi atau maksimal 3 organisasi agar kalian berkembang secara mental dan pengeloaan waktu tetapi tidak kehilangan tujuan utama ketika kuliah.


Kebingungan


Buat anak yang kuliah didekan rumahnya mungkin sedikit yang mengalami kasus ini. tetapi buat anak perantau akan banyak mengalami hal ini. yaitu kebingungan dalam mencari sesuatu misalnya ingin mencari tempat kos atau kontrakan, mencari makanan murah, mencari toko untuk membeli perlengkapan kuliah dan sebagainya.


Hal ini akan berjalan sekitar beberapa minggu sebelum kalian beradaptasi atau bahkan lebih lama kalau kalian susah untuk beradaptasi. Tips untuk meminimalisir hal ini adalah dengan bertanya pada senior karena mereka pastinya lebih tahu hal – hal yang berkaitan dengan kuliah. Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah sangat memudahkan kalian untuk mencari yang kalian butuhkan.


Salah satu aplikasi yang kalian bisa gunakan untuk mencari makanan adalah Titipku. Aplikasi Titipku memungkinkan kalian untuk mencari makanan disekitar kalian dengan sangat mudah. Selain itu karena Titipku mendukung UMKM yang ada Indonesia maka kalian bisa memesan produk – produk UMKM dengan mudah lewat aplikasi Titipku.


Fitur lain yang menarik di aplikasi Titipku adalah Jatiper. Jatiper adalah jasa titip beli buat kalian yang ingin beli makanan tetapi tidak ingin keluar rumah atau kosan. Jadi tunggu apa lagi langsung saja instal aplikasi Titipku di Playstore atau kunjungi websitenya di Titipku.com


Itu adalah hal yang akan kalian jumpai ketika menjadi mahasiswa baru. Selamat menjalani kehidupan sebagai mahasiswa baru. See You!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar