Kamis, 10 Oktober 2019

Angpo, makanan khas Tuban yang terbuat dari tanah

| Kamis, 10 Oktober 2019
Sumber Foto :https://cdn-image.hipwee.com


               
Ragam kuliner di Indonesia sangat bermacam-macam jenisnya. Selain karena keadaan geografis Indonesia yang berada didaerah tropis, juga karena banyaknya suku dan budaya yang mendiami negeri ini. Tidak heran jika hal tersebut menjadi pendukung banyaknya jenis makanan yang ada dinegara yang terkenal dengan keramahan masyarakatnya ini.

                Aneka makanan tersebut tersebar dari sabang sampai merauke. Setiap daerah memiliki ciri khas rasa dan bahan pembuat makanannya masing-masing. Makanan khas tersebut biasanya disajikan sebagai kearifan lokal untuk pengujung dari daerah yang berbeda agar merasakan makanan yang  berbeda. Salah satu dari sekian makanan yang khas tersebut berasal dari Tuban, bernama Angpo makanan khas yang berasal dari tanah.

                Angpo merupakan makanan asli Tuban. Daerah Tuban sendiri berada di Jawa Timur tepatnya disebelah Lamongan. Angpo berbahan dasar tanah asli atau biasa disebut lempung oleh masyarakat sekitar. Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu memilih tanah liat yang berada dipekarangan. Setelah dipilih dan dipisahkan dengan kotoran lalu tanah liat dipadatkan menjadi balok-balok. Tahap selanjutnya adalah menyerut tanah tersebut menjadi gulungan – gulungan kecil agar siap dinikmati.

                Cara memakan atau menikmati makanan ini cukup mudah. Pertama kalian bisa langsung memakan ketika kalian membelinya. Cara yang kedua bisa dilarutkan dengan air hangat dan ditambah gula agar menambah kenikmatannya. Apakah kalian tertarik untuk mencoba makanan ini?.

                Warga setempat menyakini bahwa makanan ini memiliki beberapa manfaat bagi keseharian. Pertama adalah untuk membantu menlancarkan pencernaan yang bermasalah. Selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dalam menjalani keseharian. Nah yang terakhir adalah masyarakat menyakini bahwa mengonsumsi angpo bisa untuk kecantikan. Apakah kalian setuju dengan klaim mereka?

                Apapun itu angpo sudah menjadi warisan kuliner yang ada di Tuban. Menjadi hal yang baik jika bisa melestarikan warisan kuliner ini. Buat kalian yang masih penasaran dengan makanan ini bisa langsung membeli didaerah Tuban tersebut.

                Kalian juga bisa membantu untuk memperkenalkan makanan tersebut masyarakat yang lebih luas melalui aplikasi Titipku. Kalian bisa menjelajah UMKM lalu mereviewnya dengan gaya bahasa kalian sendiri agar produk tersebut semakin meluas. Maka dari itu mari menjelajah UMKM yang ada disekitar kalian bersama Titipku. See You

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar