Minggu, 01 September 2019

Tips Berteman untuk Mahasiswa Baru

| Minggu, 01 September 2019
https://unsplash.com/photos/-Xv7k95vOFA

Masa kuliah sudah datang didepan mata. Banyak mahasiswa baru bersiap menyambut dunia perkuliahan dengan senang dan antusias. Mahasiswa baru datang dari berbagai tempat dan kalangan. Mulai dari desa yang terpencil sampai dengan anak kota metropolitan. Semua berkumpul menjadi satu menjadi mahasiswa baru.

Bagi sebagian orang bertemu dengan orang baru adalah sebuah kesenangan tersendiri, karena bisa mendapat teman baru dan berbagi pengalaman yang belum pernah sebelumnya. Tetapi banyak juga yang merasa tidak percaya diri bertemu dengan orang baru. Mungkin karena perbedaan bahasa, latar belakang, dan sebagainya.

bagi teman - teman yang merasa seperti itu, mari simak tips kita kali ini, agar ketika bertemu dengan mahasiswa baru bisa lebih percaya diri.

Sok Asik

Menjadi teman yang asik adalah impian bagi sebagian orang. tetapi jika kalian baru bertemu 1 hari atau 2 hari terus bersikap sok asik, itu akan menghambat pertemanan kalian. Lebih baik bersikap apa adanya selama beberapa minggu untuk saling mengerti satu sama lain. Nongkrong dikantin atau ngobrol dikelas bisa membantu untuk saling akrab satu sama lain.

Jangan memaksakan untuk akrab dalam waktu yang singkat. Karena semua butuh proses jadi biarkan pertemanan mengalir seperti cintaku ke dia  seharusnya.

Meminta - minta

Tips kedua ini terjadi ketika kalian sedang nongkrong atau sekedar berkumpul. usahakan untuk tidak meminta makanan atau minuman dengan seenaknya sendiri. kalau dia adalah sahabat kalian munkin tidak akan menjadi masalah yang besar tetapi berbeda urusan ketika dia adalah teman baru kalian.

Menahan untuk tidak meminta makanan dan minuman adalah hal yang tidak sulit bukan?. jika kalian melakukan tips kedua ini dijamin teman kalian akan nyaman dengan kalian. kecuali kalian ditawarin makanan atau minuman terlebih daluhu. rejeki tidak boleh ditolak apa lagi buat anak kos.

Suportif

Dalam berteman faktor suportif menjadi penting karena perilaku ini menjadikan kalian teman yang baik. meminta maaf jika memiliki kesalahan adalah salah satu contoh perilaku suportif. selain itu jika ada teman yang mendapatkan prestasi bisa mengucapkan selamat bukan malah iri hati dengan prestasi teman tersebut.

Egois dalam berdiskusi juga masuk dalam perilaku tidak suportif.

Baik

Setiap orang memiliki standar baiknya masing - masing. Tetapi alangkah baiknya jika kalian menjadi baik pada standar umum. tolong menolong adalah salah satu contoh jika kalian ingin menjalin pertemanan dengan orang baru.

hindari bergosip dengan teman - teman baru karena kalian belum tau tentang mereka. jika sudah mendapat teman baik dan berteman sudah lama. Kalian baru boleh bergosip, tetapi harus dibatasi karena pada dasarnya gosip itu tidak baik.

Mandiri

Sebagai mahasiswa baru, pasti banyak hal yang belum kalian ketahui karena bertemu dengan dunia baru. mulai dari wilayah baru, jalan-jalan baru, warung makan baru dan sebagainya. Hal ini bisa jadi menyulitkan kalian dalam beberapa waktu tetapi jangan sampai menyusahkan teman baru untuk hal - hal ini.

contohnya kalian kesulitan mencari makanan. Lalu dengan terburu - buru meminta bantuan teman kalian yang sedang santai dikosan. . Situasi  Seperti ini akan membuat teman kalian tidak nyaman berteman dengan kalian. Tipsnya kalian bisa memakai aplikasi jasa titip beli barang seperti Titipku. di Titipku kalian bisa memilih makanan dari UMKM yang kalian suka lalu membeli tanpa terkena biaya tambahan. mudah kan!. Langsung saja instal aplikasi titipku di gadget

selain itu kalian juga bisa menjelajah UMKM disekitar kalian, lalu kalian review diaplikasi Titipku. Kalian akan mendapat reward untuk setiap tulisan yang kalian tulis. Tunggu apalagi langsung saja download  aplikasinya di play store

nah, itu adalah tips yang kalian bisa lakukan sebagai mahasiswa baru agar bisa berteman dengan banyak orang baru tanpa merasa tidak percaya diri. see you! 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar