Kamis, 10 Oktober 2019

Legen, Minuman dari Sari Lontar yang Menyegarkan

| Kamis, 10 Oktober 2019

Sumber Foto : https://img-z.okeinfo.net
                Setelah pada artikel kemarin kita membahas tentang makanan khas Tuban yang berasal dari tanah atau lempung sekarang kita membahas kuliner khas Tuban. Tetapi kali ini kita akan membahas minuman khasnya. Sebelum itu buat yang belum membaca tulisan tentang Angpo silahkan klik link berikut Angpo, makanan khas Tuban yang terbuat dari tanah

                Minuman yang akan kita bahas ini memiliki nama legen yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi manis. Minuman khas tuban ini berasal dari sari pohon lontar yang banyak tersebar dikota Tuban. Tidak mengherankan jika kalian berkunjung ke Tuban akan menjumpai pedagang kaki lima yang menjual Legen ini.

                Berbicara rasa yang akan kalian dapat adalah rasa manis khas Legen. Legen biasanya disajikan tidak lama setelah diambil dari pohonnya. Selain menjaga rasanya agar tetap segar karena baru diambil juga menghindari berubahnya rasa Legen. Perlu diketahui bahwa legen tidak bisa bertahan lama disuhu ruangan. Minuman ini hanya mampu bertahan selama kurang lebih 3 hari disuhu ruangan. Jadi kalau kalian berkempatan untuk membeli minuman ini alangkah lebih baik langsung diminum atau ditaruh di lemari pendingin.

                Cara untuk menikmati Legen ini tidak terlalu rumit bahkah mudah sekali. Kalian bisa langsung meminumnya tanpa tambahan apapun. Pilihan selanjutnya kalian bisa menambahkan gula jawa sebagai tambahan jika kalian suka dengan yang lebih manis dan terakhir kalian bisa menambah siwalan sebagai isian untuk meminum Legen. Oh iya Legen akan lebih segar diminum ketika dalam keadaan digin.

                Hal unik dari minuman Legen adalah cara mendapatkannya yang cukup sulit dan memerlukan waktu yang cukup lama. Pohon lontar memiliki ketinggian yang cukup tinggi sekitar 7 – 14 meter, maka dari itu untuk mendapatkan sari lontar harus memanjat sampai pucuk. Selain tinggi sari lontar juga membutuhkan waktu yang lama untuk mengeluarkan sari sarinya. Untuk 1 ros ukuran bambu berisi legen penuh dibutuhkan waktu sekitar satu hari satu malam. Cukup lama bukan?

                Untuk kalian yang tertarik membeli bisa langsung datang ke Tuban dan mencari minuman Legen ini. Jika kalian tidak punya waktu untuk berpergian kalian bisa membeli lewat aplikasi Titipku. Disana kalian bisa menemukan banyak produk - produk UMKM. Keuntungan lebih jika kalian suka jalan – jalan mereview produk – produk UMKM kalian bisa memasukan review kalian ke Titipku dan akan ada reward untuk kalian. Jadi tunggu apalagi mari menjelajah UMKM sekitar kalian. Jangan lupa Instal aplikasi Titipku diHP kalian. See You!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar