Kamis, 19 Juli 2018

Cerita Tentang UNY - UNY adalah kampus idaman saya

| Kamis, 19 Juli 2018

Nama : Vivin Nur Aini
Jurusan : Pendidikan EkonomiFakultas : Ekonomi


Saya maba UNY 2017 ingin sedikit berbagi cerita perjuangan saya sampai bisa diterima di UNY. UNY adalah kampus idaman saya, dari awal mantep dan berambisi harus masuk UNY. Awal mula saya tertarik masuk UNY karena waktu saya smk selalu ada kakak2 yg kkn dari UNY. Cara mengajarnya bagus, kreatif, tidak bikin bosan, tidak galak juga. Bahkan salah satu dari kkn UNY ada yg ngrayain ultah di kelas saya, ditraktir sekelas, selepas kkn pun kalau ketemu masih sering tegur sapa dan
bercanda. Mulai saat itu saya tertarik masuk UNY. Kelas 3 smk saya diberi kesempatan untuk lomba di UNY.

Senangnya bukan main bisa datang di kampus idaman, walaupun lombanya tidak menang. Saat itu pertama kalinya saya datang langsung ke UNY dan saya berharap semoga tahun depan bisa ke UNY lagi sebagai mahasiswa. Dan alhamdulillah tercapai. Semua saya lalui dengan penuh perjuangan. Awalnya saya ikut snmptn, pilihan 1 dan 2 saya pilih UNY, pilihan 3 saya pilih UNNES. 

Saya terlalu berharap dengan jalur ini padahal realitanya yg lolos banyak yg SMA. Kadang saya pesimis melihat yg SMK lolos snmptn hanya 1% saja. Lalu saya beli buku untuk persiapan sbmptn, jaga2 kalau tidak lolos snmptn. Saya mulai pelajari buku itu dan jujur banyak yg ga paham, apalagi matdas. Pikiran saya juga terbagi untuk belajar ujian nasional. Alhasil saya males malesan belajar buat sbmptn karena sulitnya materi dan saya tidak bimbel atau pun les. Lalu saya coba inisiatif cari bimbel online gratis di internet. Dan saya menemukan suatu situs bimbel online lengkap materi dan pembahasan soal tapi sayangnya tidak gratis.

Baca Juga : 5 Alasan Anti Mainstream Agar Kamu Bersyukur Telah Diterima di Kampus UNY

 Ada 2 pilihan waktu itu. Jika saya memilih streaming video materi pembalajaran harus online terus dan boros kuota sedangkan yg offline bisa diputar di pc harganya hampir 1juta. Saya tidak berani dan kasihan jika mau minta uang kepada orang tau. Akhirnya saya pilih yg offline dan merelakan semua tabungan saya di sekolah habis. Pengumuman snmptn tiba, saya menunggunya sambil belajar sbmptn dan saya yaa bisa ditebak saya tidak lolos. Saya nangis sejadi jadinya karena memang saya terlalu berharap dengan jalur itu. Waktu sbm semakin mepet dan persiapan belajar saya sangat kurang. Sbm 3 pilihan semua saya pilih UNY karena saking pengennya masuk UNY. Saya pilih yg peminatnya tidak terlalu banyak tapi tetap tidak lolos karena soalnya memang sulit dan persiapan saya sangat kurang.

 Saya mulai kepo dengan jalur mandiri UNY. Saya mulai belajar lagi untul utul UNY. Pertama saya daftar sm sbmptn, saya agak berharap tapi kadang tidak terlalu berharap karena memang saya mengerjakan sbm tidak maksimal. Saya menunggu pengumuman sambil belajar untuk utul. Saya berpikir kalau masih gagal lagi bisa nangis darah mau kuliah dimana. Saya tidak niat sama sekali untuk daftar univ lain. 7 juli pengumuman tiba dan webnya langsung down. Saya baca2 ringkasan materi saya agar tidak terlalu panik. Dalam hati saya berdoa jika bukan rezeki saya insyaAllah saya ikhlas. Sejenak saya tinggal pengumuman itu karena masih down. 

Saya tinggal mandi lalu makan. Saat makan saya iseng iseng buka web siapa tau bisa. Dan ternyata memang sudah bisa. Saya grogi cemas. Saya masukin nomor ujian sama tgl lahir dan berdoa lagi jika tidak lolos semoga saya bisa ikhlas. Saya tunggu pengumuman masih loading dan seketika saya gemeteran, diam, ga jadi makan, senyum sendiri, iyaa saya lolos di pilihan pertama prodi pendidikan ekonomi. Saya ga bisa berkata kata, makan pun sampai ga habis karena kenyang lihat pengumuman. Senangnya bukan main. 

Awalnya saya pesimis dan down lihat kuota jalur mandiri cuma sedikit dan nomor pendaftaran saya waktu itu sudah 6000 artinya sudah sangat banyak yg daftar tapi alhamdulillah hasil tidak pernah mengkhianati proses. Bukannya saya sok pinter atau menggurui tapi prinsip saya itu saya ga mau mengandalkan keberuntungan, karena saya berpikir mesti yg masuk UNY orang2 yg pintar yg mau berusaha bukan orang yg cuma diam nunggu keberuntungan saja. Saya percaya Allah tidak tidur dan Allah melihat usaha umatnya. Terimakasih UNY sudah menerima maba seperti saya. Sekian semoga bisa menjadi inspirasi.

Harapan saya semoga saya bisa menjadi mahasiwa berprestasi bisa mengharumkan nama UNY, semoga UNY terus maju kedepannya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar