Kamis, 19 Juli 2018

Hal yang Harus Dipahami Sebelum Memulai Kuliah di UNY

| Kamis, 19 Juli 2018
Menyandang status sebagai mahasiswa baru tentu sudah kamu idam-idamkan semenjak lulus dari bangku sekolah menengah atas. Sebagai mahasiswa baru alias maba, kehidupanmu seperti saat berseragam abu-abu pasti berubah. Kamu akan menemui banyak hal baru saat berkuliah nanti, terutama jika kamu mahasiswa UNY. Beberapa bahkan sampai mengalami kebingungan karena kehidupan kampus yang sama sekali beda dari kehidupan sekolah.
Untuk mengatasi keluguan dan kepolosan kamu yang masih mahasiswa baru, sebelum kuliah di UNY ada baiknya kamu paham hal-hal berikut ini:


1.      1 Wifi YSU
Sebagai mahasiswa UNY, kamu akan mendapatkan fasilitas koneksi hotspot YSU yang disediakan pihak kampus. YSU adalah salah satu layanan dari UNY yang tersedia di UPT Puskom. Cara mengaksesnya cukup mudah. Setelah mendapat NIM sebagai mahasiswa UNY, kamu sudah bisa mendaftar pada laman ysu.uny.ac.id. Cukup log in hotspot UNY lalu kamu bisa mulai aktivasi dan mendaftar menggunakan username dan password. Tapi satu NIM hanya bisa dipakai untuk satu perangkat saja lho. Kamu harus memastikan mana yang akan kamu daftarkan, apakah laptop atau handphone kamu. Setelah mendapat akses untuk koneksi YSU, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas-tugas. Sekarang pekerjaanmu jadi lebih ringan, bukan?

2.      Parkiran kampus
Kampus UNY di Jalan Colombo terdiri dari tujuh fakultas yang mana setiap fakultasnya memiliki lahan untuk kegiatan perkuliahan masing-masing. Jika kamu mahasiswa yang ke kampus dengan mengendarai kendaraan, tentunya kamu harus tahu lebih dulu lokasi untuk memarkir kendaraanmu alias parkiran. Berikut lahan parkir yang tersebar di masing-masing fakultas di UNY: 

FIP      : parkiran tingkat FIP (sebelah timur kampus FIP)
FMIPA: Taman Parkir FMIPA (gerbang kampus FMIPA sebelah barat yang berseberangan dengan Masjid Mujahidin).
FE       : halaman parkir barat gedung FE.
FIS      : Taman Pancasila (sebelah selatan Gedung Dekanat FIS), Parkiran PKM (sebelah timur gedung FIS).
FIK     : halaman parkir Hall Tenis Indoor (selatan FMIPA).
FT       : parkiran FT (sebelah barat gedung FT).
FBS     : lapangan parkir samping Laboratorium Musik dan Tari.

3.      Manajemen waktu mahasiswa
Menjadi mahasiswa membutuhkan kemampuan mengelola waktu dengan baik. Kalau kamu mahasiswa yang aktif berorganisasi, tetap mengejar ilmu dan prestasi, atau bahkan kerja sambilan, maka kamu sangat butuh mengatur waktu sebaik mungkin. Apalagi jika kamu anak rantau yang jauh dari keluarga dan orang tua, tentunya kamu harus siap mengurus diri sendiri. Agar tidak keteteran saat nanti berkuliah, ada baiknya kamu membiasakan diri untuk menentukan prioritas dari kegiatan-kegiatan yang akan diambil. Kamu juga perlu mengenali kemampuan diri agar aktivitas perkuliahan tetap berjalan lancar. Dan yang terpenting kamu harus tetap memprioritaskan kuliah karena jati dirimu adalah sebagai mahasiswa!

4.      4 Email Student UNY
Seluruh mahasiswa UNY memiliki UNY ID alias email UNY. Identitas berbasis akun email ini dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan sistem informasi yang ada di UNY. Kamu cukup memiliki satu email saja untuk dapat mengakses seluruh layanan di UNY, lho.

 Konsep tersebut adalah implementasi dari SSO (Single Sign On). Praktis kan? Namun cukup penting bagi kamu untuk mencatat atau mengingat-ingat email dan password UNY ID karena nantinya kamu akan sangat sering akses menggunakan email ini. Jangan sampai kamu lupa dan kerepotan karena harus mengganti passwordnya ya...

Baca Juga : Cerita Tentang UNY - UNY adalah kampus idaman saya

5.      
     5 Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus
Menjadi maba belum sah katanya kalau belum mengikuti OSPEK. Yup, Ospek alias Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus memang sangat melegenda dan ikonik pada mahasiswa baru. Ospek di UNY bisa dibilang menyenangkan dan mengesankan. Ospek UNY terbagi menjadi tiga, yaitu: Ospek Univ, Ospek Fakultas, dan Ospek Jurusan. Nah, Ospek Univ yang dilaksanakan di GOR UNY adalah momen-momen yang tak terlupakan bagi sebagian besar mahasiswa yang pernah mengikutinya. 

Kamu akan merasakan euforia dan atmosfer yang sangat menggelora di GOR UNY terutama saat masing-masing fakultas menyuarakan yel-yel terbaik mereka. Tidak dapat diragukan lagi, kamu akan merasa sangat bangga bisa duduk di tribun GOR UNY sebagai mahasiswa baru Kampus Jas Biru tersebut. Namun sebelum Ospek, kamu masih harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari mengikuti TM alias technical meeting, mencari peralatan Ospek, sampai membuat penugasan-penugasan untuk Ospek. Jadi ngga sabar kan untuk cepat-cepat Ospek?

6.      6 Jadi apapun yang kamu mau lewat UKM
Banyak yang belum memiliki pandangan tentang kegiatan berkuliah. Berkuliah bukan hanya sekedar duduk di kelas memperhatikan dosen atau membaca buku. Kuliah adalah waktunya mengembangkan potensi yang kamu punya. Kamu bisa ikut berbagai kegiatan kampus seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). UKM kurang lebih hampir sama dengan kegiatan ekskul seperti saat bersekolah dulu. UNY memiliki beragam UKM mulai dari seni, olahraga, kewirausahaan, pecinta alam, bahkan penalaran. Kesemua UKM tadi berpusat di gedung Student Center UNY. 

Kamu bisa mulai mengembangkan bakatmu lewat UKM yang akan kamu ikuti. For your information, beberapa UKM di UNY sudah sering meraih prestasi dan membawa para anggotanya ke luar negeri. Berminat untuk jadi salah satunya?
Menjadi yang terpilih dari sekian banyak calon mahasiswa dan berhasil meraih kursi untuk kuliah di UNY termasuk pencapaian yang besar, lho. Karenanya kamu perlu bersyukur dan menjalankan aktivitas perkuliahan dengan penuh tanggung jawab. Kamu bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang agar kuliahmu bermanfaat untuk masa depan kamu.  



So, be ready for the new beginning! (AYW)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar