Minggu, 05 Agustus 2018

6 Cara Mengatur Waktu Antara Kuliah dengan Bekerja.

| Minggu, 05 Agustus 2018

Illustrasi By Abruron Baharsyah
Saat kuliah, kita dituntut mandiri dan bisa mengatur kehidupan kita sendiri mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, kita harus memiliki rencana apa yang akan kita lakukan agar bisa menghadapi hari-hari yang “berat” sebagai mahasiswa. Eh tapi ga berat kok kalau dinikmati. Menjadi mahasiswa juga membutuhkan pengeluaran yang banyak kan guys, style, hobi, dan mungkin sekadar menambah uang jajan, maka dari itu kita harus mencari tambahan uang dengan bekerja sembari kuliah tetap berjalan. Berikut 6 cara mengatur waktu antarakuliah dengan bekerja.

Kenali Dulu Dosenmu

Banyak tipe dosen yang wajib kamu ketahui di antaranya adalah dosen killer, dosen baik hati, dan dosen yang hanya menggugurkan kewajiban. Saat kamu memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, kamu harus mengetahui atmosfer kampusmu seperti apa karena hal itu dapat memengaruhi produktivitasmu dalam bekerja. Misalnya, kamu berkuliah di jurusan yang bahkan untuk hang out dengan teman aja susah, mending tunda dulu deh keinginan untuk bekerja karena dapat mengganggu kuliahmu dan pastinya kamu tidak ingin mengecewakan orang tua yang telah membiayaimu kuliah, kan?

Banyakin Kenalan

Tips kedua dari 6 caramengatur waktu antara kuliah dengan bekerja ini agak tricky nih guys. Buat kamu yang introvert emang agak susah sih mencari banyak kenalan dan menjalin banyak relasi. Jangankan menjalin banyak relasi, mencari teman yang cocok aja kadang susah. Tapi, dengan menjalin banyak relasi kamu bakal dapet banyak kesempatan untuk dapet kerja karena kerjaan datang dari mana pun, kesempatan apa pun. Sama kayak remote tv, kalo dicari gak ada, tetapi kalo gak dicari muncul sendiri. Begitulah.


Baca Peluang

Nah, misalnya kamu anaknya entrepreneur banget nih. Kamu bisa gunakan kemampuanmu itu untuk membaca apa yang sedang booming di kalanganmu dan kamu bisa menjadikan kesempatan itu untuk membangun usaha, atau kalau kamu berjiwa pendidik, kamu bisa cari lembaga belajar lalu melamar kerja di sana. Buat kamu yang punya kemampuan lebih, jangan ragu untuk mengembangkannya karena itu bisa jadi penambah uang jajanmu guys. Jangan segan-segan untuk bertanya ya guys, siapa tau sekitarmu juga membutuhkan peranmu.

Tidur Cukup

Jam tidur memang harus diperhatikan, tidak boleh lebih maupun kurang. Biasanya, yang terjadi selama menjadi mahasiswa adalah kurang tidur entah karena alasan ngerjain tugas, rapat, atau bahkan ngegame. Selama kamu masih bisa mengontrol waktu tidurmu pada taraf cukup, maka kamu bisa mengatasi jadwal padatmu. Ini penting.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar