Senin, 20 Mei 2019

Saham untuk pemula, mahasiswa juga bisa!

| Senin, 20 Mei 2019


Memiliki penghasilan sendiri merupakan salah satu impian mahasiswa. Selain bisa meringankan beban orang tua mempunyai penghasilan sendiri membantu kita belajar mengatur keuangan. Banyak cara yang digunakan oleh mahasiswa untuk menghasilkan uang sendiri, mulai dari bekerja Parttime, menjadi penulis lepas sampai berwirausaha. Cara – cara tersebut sudah dilakukan oleh banyak mahasiswa, mungkin kalian salah satunya

Cara lain yang kalian bisa mencobanya adalah berbisnis saham. Bisnis saham sedang populer dikalangan mahasiswa, karena kemudahan yang ditawarkan dan keuntungan yang lumayan. Menarik minat mahasiswa untuk berbisnis saham.

Biasanya mahasiswa akan takut terjun didunia saham karena kerumitan yang ada didalamnya. Tetapi jangan kuatir, seiring berjalannya waktu kalian akan paham dan mengerti untuk berbisnis dibidang ini. Maka dari itu triviu ingin membagikan tips untuk kalian yang ingin bergelut dibidang saham.

Pahami Istilah

Dalam dunia investasi saham terdapat banyak istilah – istilah tetapi tenang istilah ini lebih sederhana dari pada tabel periodik di matapelajaran kimia. Beberapa yang harus kalian pahami adalah
  • Saham
Surat bukti kepemilikan sebagian modal perseroan terbatas menurut besar kecilnya modal yang disetor.
  • Trading
Aktivitas jual beli saham, mata uang, komoditas, dll.
  • Investor
Lembaga atau perseorangan yang membeli saham suatu perusahaan.
  • Broker (Pialang)
Perusahaan atau individu yang bertindak sebagai perantara jual beli saham perusahaan.
  • Bursa Saham
Penyelenggara sistem yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli saham.
  • Bid Price
Harga penawaran yang diajukan oleh calon pembeli saham.
  • Closing Price
Harga penutupan dari suatu harga saham di bursa.
  • Annual Report
Laporan tahunan keuangan perusahaan yang berisi neraca, laporan rugi-laba, laporan audit dan gambaran kegiatan operasional perusahaan.
  • Deviden
Pembagian laba  kepada investor berdasarkan jumlah saham yang dimiliki.
  • Lot
Satuan hitung yang menyatakan besarnya transaksi saham dimana 1 lot terdiri dari 500 lembar saham.

Itu adalah beberapa istilah yang kalian wajib tau ketika ingin terjun kedunia jual beli saham

Belajar tentang saham

Setelah kalian paham mengenai istilah-istilah kalian harus belajar tentang saham. Mulai dari membaca buku tentang orang yang sukses bermain saham sampai membaca artikel – artikel tentang bermain saham. Membaca buku tentang orang yang sukses bermain saham akan memberikan kalian wawasan untuk bermain saham kedepannya. Terkadang mereka juga memberikan tips and trik didalam bukunya.

Membaca artikel juga dangat membantu kalian dalam memahami dunia investasi. Salah satu web menarik untuk belajar tentang saham untuk pemula adalah Titipku, disana kalian bisa belajar dan langsung praktek untuk mendapatkan saham. Menarik bukan!. Semua hal yang kalian baca akan menambah wawasan kalian dalam dunia saham

Memilih Perusahaan

Setelah kalian mengerti tentang saham. Langkah selanjutnya adalah memilih perusahaan yang kalian akan ingikan. Silahkan kalian membuka website BEI (Bursa Efek Indonesia) disana terdapat perusahaan yang kalian bisa beli sahamnya.


Memulai dengan hal kecil

Setelah kalian menentukan perusaannya. Kalian bisa membeli saham diperusahaan tersebut. Jika kalian anak kos kalian pasti tidak mempunyai uang yang cukup dalam membeli saham dalam jumlah yang besar.

Jangan kuatir karena membeli saham tidak harus dengan jumlah yang besar kalian bisa membeli dengan jumlah yang kecil-kecil dahulu. Dengan begitu kalian juga bisa belajar sambil mengamati bagaimana cara kerja dibursa saham tersebut.

Memulai

Kata alm. Bob Sadino bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalankan. Jadi kalian harus memulainya. Jangan hanya dipikirkan sampai tidak bisa tidur. Akan membuat waktu yang sia-sia. Ingatlah waktu adalah uang jika kalian membuang waktu kalian juga membuang uang
Jika kalian masih bingung untuk memulainya. 

Titipku memfasilitasi kalian yang ingin memiliki saham dan belajar tentang saham. Ada juga voucher saham yang bisa kalian dapatkan secara gratis jika melakukan 10 Transaksi dalam 1 bulan Rp. 100.000 dan 10 kali lipat Voucher Saham.

Jika masih bingung bisa unduh aplikasinya Titipku di play store. See You



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar