Sabtu, 06 Juli 2019

Bumbu Rempah yang Memilki Kemiripan Padahal Berbeda

| Sabtu, 06 Juli 2019


https://unsplash.com/photos/qsPHXC4T2cY

Seperti yang kita ketahui bahwa macam dari rempah – rempah adalah banyak sekali. Satu dengan lainya memiliki fungsi dan kegunaan masing – masing. Indonesia sendiri adalahg negara tropis yang memiliki banyak tumbuhan rempah. Dengan melimpahnya rempah yang ada, butuh waktu untuk mengenali dan hafal dengan rempah tersebut.

Untuk kalian yang sering berhubungan dengan rempah - rempah atau bumbu dapur mungkin sedikit banyak mengetahui jenis dan fungsi rempah tersebut. Tetapi tahukah kalian bahwa terdapat rempat atau bumbu dapur yang memiliki bentuk yang sama padahal rasa dan kegunaannya berbeda. Penasaran?, jangan kuatir kali ini kita akan bahas rempah atau bumbu dapur yang memiliki kesamaan bentuk padahal berbeda.

Merica dan Ketumbar

Bumbu dapur atau rempah pertama adalah merica dan ketumbar. Dua jenis rempah ini sangat sering tertukar padahal rasa dan fungsinya berbeda. Bentuk yang serupa membuat masyarakat sulit untuk membedakan. Terdapat sedikit perbedaan pada bentuk merica dan ketumbar. Jika merica memiliki bentuk bulat kecil dan memiliki garis disekililingnya, sedangkan ketumbar memiliki bentuk bulan yang agak lebih besar dari merica dan permukaannya lebih harus.

Rasa merica lebih kearah pedas dan hangat sedangkat untuk ketumbar memiliki rasa pahit dan hambar. Jadi jangan salah lagi untuk membedakanya.

Laos dan Jahe

Selanjutnya adalah lengkuas dan jahe yang sulit untuk dibedakan. Memiliki penampakan yang hampir sama membuat 2 tanaman ini sulit dibedakan. Keduanya merupakan tanaman yang merambat dibawah tanah.

Rasa dan aroma dari kedua rempah ini adalah yang bisa membuat kita membedakan keduanya. Jahe memiliki aroma yang sangat kuat tetapi memiliki teksture kulit yang lebih halus. Berbeda dengan jahe, laos memiliki aroma yang tidak terlalu kuat dan kulit yang cenderung lebih kasar dari jahe. Jangan sampai kalian membuat wedang jahe dengan menggunakan laos.

Temulawak dan Kunyit

Jika kalian melihat tumpukan temulawak dan kunyit pada satu tempat yang sama mungkin kalian susah untuk membedakan. Keduanya memiliki bentuk yang hampir identik jadi kalian harus benar -  benar teliti untuk bisa membedakan keduanya. Jika kalian ingin membedakan coba patahkanlah kunyit atau temulawak yang kalian temui. Warna yang lebih kuning menandakan itu adalah kunyit dan warna yang lebih cerah menandakan itu temu lawak.

Untuk kegunaan biasanya kunyit digunakan untuk masakan seperti sambal -  sambal tradisional. Sedangkan temulawak lebih terkenal untuk jamu tradisional. Jadi memang kegunaanya beda ya kawan – kawan.

Jintan dan Adas Manis

Bumbu rempah yang satu ini berbentuk kecil dan pendek. Memiliki bentuk yang sama tetapi adas manis lebih gelap daripada jintan. Dilansir dari brilicious.brilio.net adas manis dan jintan sama sama memiliki aroma wangi. Tetapi kegunaan keduanya berbeda tentunya.

Jintan akan lebih sering ditemukan dalam hidangan opor dan gulai, sedangkan adas manis sering digunakan untuk campuran salad. Sudah tau bedanya?

Kunir dan Kencur

Terakhir adalah pasangan kunir dan kencur yang memiliki kemiripan dari bentuk. Kalian akan sulit jika hanya meilhat dari luar kedua rempah ini. Kalian harus melakukan beberapa hal jika kalian ingin membedakan antara keduanya. Pertama kalian harus lihat isi dalam dalam dari keduanya jika berwarna kuning muda itu berarti kunir dan jika berwarna putih kekuningan itu adalah kencur.

Jika belum dapat membedakan maka lakukanlah cara kedua yaitu untuk merasakan tekturenya. Kunyit lebih lunak dari pada kencur jadi kalian dapat dengan mudah mematahkanya. Terakhir adalah tanya pada pedaganya dipasar untuk membedakan keduanya.

Lalu kalian kepasar tradisional jangan lupa membeli produk produk UMKM. Jika kalian tidak sempat untuk berbelanja kepasar. Kalian masih bisa membeli produk – produk tersebut melalui aplikasi Titipku. Titipkumembantu UMKM dalam proses penjualan secara online atau digitalisasi UMKM.

Caranya mudah sekali kalian hanya perlu menginstal aplikasi Titipku diponsel kalian lalu langsung saja cari Produk UMKM yang ingin kalian dapatkan dan tunggu beberapa menit kalian sudah mendapatkan barang yang kalian inginkan. Mudah bukan?, langsung saja instal aplikasi Titipku tau kunjungi website di Titipku.com

Jadi itulah artikel tentang Bumbu Rempah yang Memilki Kemiripan Padahal Berbeda. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa bagikan jika menurut kalian artikel ini bermanfaat. See You


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar