Jumat, 05 Juli 2019

7 Wisata Indonesia yang Masuk Situs Warisan Dunia

| Jumat, 05 Juli 2019
http://www.bali-indonesia.com


Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Dengan banyak pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke menjadikan Indonesia kaya akan keberagaman. Mulai dari suku sampai dengan hamparan alamnya membuat semakin menarik.

Sebagai orang indonesia kita harus bangga dengan beragamnya suku dan budaya. Selain itu Indonesia yang terletak digaris katulistiwa ini juga memiliki wisata yang menawan dan indah. Bukan hanya orang dalam negeri yang mengagumi kekayaan wisata Indonesia tetapi dunia sudah mengakui bahwa Indonesia memiliki keindahan alam dan tempat wisatanya.

UNESCO sudah menetapkan beberapa situs warisan dunia yang ada di Indonesia. Tunjuanya adalah untuk membantu melestarikan dan menjaga warisan yang ada di Indoensia agar tidak rusak dan hilang. Mari kita simak 7 wisataIndonesia yang sudah masuk kedalam situs warisan dunia.

Taman Nasional Komodo

Pada tahun 1991, UNESCO menetapkan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia. Terletak di Kepulauan Sumbawa, Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo memiliki luas sekitar 1817 kilometer persegi. Terdiri dari beberapa pulau yang menjadi taman nasional termasuk pulau komodo.

Hal yang membanggakan adalah hewan komodo merupakan hewan prasejarah satu-satunya yang masih hidup sampai sekarang dan hanya bisa ditemukan dipulau komodo. Menjadikan pulau komodo beserta komodo sebagai 1 dari 7 keajaiban dunia. Jadi jika kalian memiliki kesempatan untuk berlibur. Jangan sampai melewatkan berkunjung kepulau komodo ini.

Borobudur

Bergeser ke pulau jawa lebih tepatnya ke Daerah Istimewa Yogyakarta. terdapat dalah satu monumen budha terbesar didunia yaitu candi borobudur. Sebenarnya borobudur terletak diantara Kabupaten Magelang dan Daerah Istimewa Yogyakarta. tetapi banyak yang mengira bahwa Borobudur terletak di Yogyakarta.

Pada tahun 1970 an UNESCO membantu untuk pemugaran candi borobudur. Terdapat banyak relief Budha disepanjang dinding. Ada sekitar 504 buah relief yang tersebar diseluruh bangunan candi ini. Dengan disain yang luar biasa akhirnya UNESCO menjadikan candi Borobudur menjadi situs warisan dunia hingga saat ini.

Musium Sangiran

Berpindah dari Borobudur ke daerah Solo, Jawa Tengah. Disana terdapat situs yang luar biasa. Bernama Musium Sangiran, musium ini memiliki luas 5600 hektare meliputi daerah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar. Dimusium ini terdapat warisan – warisan purbaka penuh sejarah.

Selain benda – benda, musium Sangiran terdapat fosil Meganthropus Paleojavanicus yaitu manusia paling tua yang pernah hidup di Jawa. Sedangkan arti nama Meganthropus Paleojavanicus adalah manusia raksasa dari jawa. Oleh sebab itu UNESCO menetapkan musium Sangiran menjadi warisan dunia. Bangga!

Lanskap Budaya Provinsi Bali

Selain terkenal dengan pantai yang indah nan eksotis, Bali juga memiliki situs warisan dunia yang berupa hamparan sawah yang bertumpuk. Bernama subak yang merupakan turunan dari filosofi orang Bali, Tri Hita Karana yang menggambarkan hubungan antar manusi, alam dan tuhan menjadikan UNESCO menetapkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 2012.

Jika kaliab berkesempatan berkunjung ke Bali. Jangan hanya bermain dipantai tetapi juga kunjungi salah satu warisan dunia ini. Jangan lupa tetap jaga kebersihan.

Taman Nasional Ujung Kulon

Selanjutnya adalah taman nasional ujung kulon yang terletak di Jawa Timur. Taman nasional ujung kulon terdiri dari beberapa pulau yang menjadi kawasan konservasi dari flora dan faunanya. UNESCO menetapkan taman nasional ujung kulon sebagai warisan dunia karena keragaman flora dan faunanya.

Pada taman nasional ujung kulon ini terdapat badak jawa yang sangat dilindungi karena terancam kepunahannya. Selain itu ada juga hewan seperti luwak, babi liar dan anjing hutan.

Taman Nasional Lorentz

Taman nasional lorentz terletak di Pulau Papua dan memiliki luas sekitar 2.3 juta hektare. UNESCO memasukan taman nasional lorentz menjadi warisan budaya pada tahun 1999. Karena begitu luasnya, masih banyak baian dari taman nasional ini yang belum ditelusuri dan dipetakan. Taman nasional ini merupakan 1 dari 3 kawasan di dunia yang memiliki gletser tropis.

Taman nasional lorentz merupakan taman nasional yang memiliki ragam flora dan fauna yang sangat banyak. Terdapat 600 lebih spesies burung, 100 lebih spesies mamalian dan ikan dan ditaman ini menyimpan persedian mineral yang sangat banyak.

Candi Prambanan

Setelah dari pulau papua kita kembali ke daerah istimewa yogyakarta. terdapat candi prambanan yang menjadi warisan budaya bangsa. Candi Prambanan merupakan komplek candi terbesar di Indonesia yang terdiri dari beberapa candi yang tersebar.

Jumlah candi yang tersebar ada sekitar 240 candi, seperti candi ratu boko sampai candi bubrah. Jika kalian mengunjungi candi ini. Kalian harus siap tenaga karena tempatnya luas. Selain itu candi ini juga sering menjadi tempat pagelaran budaya.

Buat kalian yang sudah atau akan mengunjungi situs bersejarah tersebut jangan lupa kalau pulang membawa oleh – oleh. Kalau tidak sempat membelinya kalian bisa memanfaatkan aplikasi Titipku. Aplikasi Titipku menfasilitasi UMKM untuk menjual produk – produk mereka secara online. Jadi kalian tidak usah bingung untuk berbelanja makanan atau jajanan. Semua bisa kalian beli lewat aplikasi Titipku.

Silahkan download aplikasi Titipku di Playstore atau kunjungi langsung web Titipku di Titipku.com. dan itu adalah 7 destinasi wisatayang bisa kalian kunjungi ketika liburan atau punya waktu senggang. See You

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar