Rabu, 03 Juli 2019

Jenis Bawang ada Banyak lho! Bukan Cuma bawang merah dan Bawang Putih

| Rabu, 03 Juli 2019
Photo by Burhan Rexhepi on Unsplash


Buat kalian yang baru mengenal bumbu – bumbu dapur mungkin tidak asing dengan kata bawang merah dan bawang putih. Bumbu dapur ini sangat umum digunakan dalam masakan sehari-hari. Untuk membelinya sangat mudah dan hampir selalu ada warung sembako dekat rumah. Untuk ibu – ibu rumah tangga baru atau yang ingin berurusan dengan masak memasak, tidaklah sulit untuk membedakan diantara keduanya. Cara membedakannya paling mudah adalah dengan warnanya. Yang berwarna putih tulang adalah bawang putih dan yang berwarna ungu adalah bawang merah.

Nah, sebenarnya terdapat berbagai bawang yang ada disekitar kita, bukan Cuma bawang merah dan bawang putih saja. Mari kita simak apa saja jenis bawang yang ada disekitar kita.

Bawang Merah

Nama latin dari bawang merah Allium oscalonicum L/shallot atau biasa disebut brambang oleh masyarakat. Sebenarnya warnanya tidaklah merah tetapi lebih ke ungu tua. Ini adalah jenis bawang yang sangat umum dan pasti kalian mengetahuinya.

Jenis bawang ini bisa ditanam di Indonesia. Lebih tepatnya didaerah pegunungan yang sejuk. Bawang Merah biasanya sebagai rempah atau bisa juga dibuat untuk membuat sambal – sambal.

Bawang Putih

Selanjutnya adalah bawang putih. Nama latinnya adalah Allium sativum atau bisa juga disebut Garlic. Bawang putih tidak bisa dipisahkan dengan bawang merah. Sampai ada sinetron berjudul “ bawang merah bawang putih “. Memiliki warna putih tulang, bawang putih juga banyak dibudidayakan di Indonesia.

Bawang Bombai

Merasa asing dengan bawang yang satu ini?. Buat kalian yang merasa asing dengan bawang bombai, kalian harus belanja dan melihat bawang bombai ini. Bawang bombai memiliki nama latin Allium Cepa Linnaeus. Bawang bombai dapat tumbuh didaerah sejuk atau tropis seperti di Indoneisa. Untuk kegunaanya bawang bombai sangat banyak dan beragam, kalian bisa berkreasi masakan dengan bawang bombai.

Terdapat 2 varian bawang bombai yaitu bawang bombai manis dan bawang bombai dan kuning. Jika kalian pernah memesan makanan onion ring itu adalah bawang bombai manis.

Daun Bawang

Jenis bawang yang ketiga adalah daun bawang. Kenapa dinamai daun bawang?, karena yang dimanfaatkan adalah daunnya bukan umbi atau batangnya. Untuk nama latin bawang ini adalah Allium fistulosum. Daun bawang biasanya dimanfaatkan untuk penyedap dalam makanan atau minuman.

Masyarakat di Korean dan Jepang sangat suka mencampur daun bawang kesetiap makanan mereka. kalian bisa menanamnya sendiri didepan rumah jika ingin memiliki tanaman daun bawang ini. Jangan lupa disiram agar tidak layu.

Bawang Prei

Bawang jenis ini juga dimanfaatkan daunnya. Bawang prei memiliki nama latin Allium ampeloprasum var porrum. Di Indonesia sendiri bawang prei terkenal dengan nama Loncang. Kalian bisa menemukanya dimakanan ringan seperti lumpia atau gorengan.
Sama seperti daun bawang, bawang prei bisa kalian tanam sendiri didepan rumah kalian karena bawang jenis ini bisa hidup didaerah tropis seperti Indonesia.

Tropea Lunga

Tropea Lunga adalah jenis bawang yang populer di Italia untuk taburan pada makanan mereka. warna dari bawang ini adalah merah keunguan mirip dengan bawang merah tetapi berbeda bentuk. Bentuk dari bawang ini lonjong tidak bulat seperti bawang merah.

Masyarakat lokal biasanya membakar bawang ini untuk makanan mereka karena bawang ini mengeluarkan aroma yang khas dan terasa manis. Apa kalian sudah pernah mencoba?.

Bawang Mutiara

Mungkin dari semua jenis bawang di atas, bawang yang satu ini adalah yang paling jarang ditemui. Bahkan penulis baru tahu bawang ini ketika riset tentang bawang-bawang. Bawang ini bentuknya unik karena kecil dan berwarna putih. Lebih mirip dengan buat leci ketika sudah dikupas.

Biasanya bawang ini dimasak langsung tanpa diiris terlebih dahulu dan kebanyakan cara memasaknya adalah di rebus. Jenis olehan yang umum dari bawang ini adalah dibuat acar , direbus dan dipanggang.

Cippolini

Terakhir adalah bawang Cippolini. Dilansir dari IDNtimes.com bahwa bawang ini memiliki rasa manis ketika direbus. Jika ingin ditumis tinggal menambahkan minyak sedikit dan sudah bisa menjadi makanan pendamping.

Bentuk bawang ini seperti bawang bombai tetapi agak pipih dibagian atas dan bawah. Ukuran dari bawang ini sebesar bola pimpong.

Nah itu adalah jenis – jenis bawang yang ada disekitar kita. Jangan salah lagi membedakan antar bawang – bawang tersebut. Jika belum pernah menemui salah satu bawang tersebut kalian bisa langsung kepasar terdekat untuk mencari bawang – bawang tersebut.

Kalian bisa juga menjelajah menggunakan aplikasi Titipku. Aplikasi Titipku adalah aplikasi yang berfokus pada proses digitalisasi UMKM. Jadi selagi kalian menjelajah dipasar kalian juga bisa membantu pedangang untuk memasarkan produknya lewat aplikasi Titipku

Langsung saja instal aplikasinya Titipku atau kunjungi website Titipku untuk informasi lebih lanjut. See You

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar