Selasa, 02 Juli 2019

Minuman Khas Indonesia yang Segar

| Selasa, 02 Juli 2019
Instagram/omamuda


Setelah beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas tentang makanan khas Indonesia yang beberapa masuk kedalam makanan terenak didunia. Kurang lengkap jika kita tidak membahas tentang minuman khas nusantara yang juga memiliki banyak jenisnya. Maka kita akan membahas minuman khas Indonesia yang segar.

Buat kalian yang belum membaca tulisan tentang makanan khas Indonesia kalian bisa membacannya melalui link Begini Makanan Khas Indonesia yang Enak. Ada yang Pernah Masuk Makanan Terenak Didunia . Nah setelah kalian artikel tersebut mari kita bahas minuman khas Indoensia.

Wedang Uwuh

Minuman pertama datang dari kota yang terkenal dengan makanan Gudek yaitu Yogyakarta. Wedang Uwuh adalah minuman tradisional yang berasal dari daun-daunan dan gula batu yang diseduh dengan air panas. Secara bahasa wedang uwuh berarti minuman sampah, karena minuman ini jika belum diseduh bahan-bahanya seperti sampah. Jadi bukan dari sampah, itu cuma nama yang diberikan.

Untuk harga segelas minuman ‘sampah’ ini tidaklah mahal. Jika kalian membelinya diangkringan yang sudah diseduh atau tinggal minum kalian hanya perlu mengeluarkan uang 3000 rupiah saja. Atau jika kalian ingin menyeduhnya dirumah kalian bisa membeli dengan harga 2000 rupiah. Cukup terjangkau bukan.

Wedang Ronde

Sedikit bergeser dari Yogyakarta kedaerah Jawa Tengah. Terdapat minuman khas bernama Wedang Ronde. Wedang Ronde adalah minuman jahe yang memiliki bola-bola tepung didalamnya disajikan dengan taburan kacang untuk menambah kenikamatan minuman ini.

Minuman ini memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh kalian. Wedang Ronde cocok jika kalian sedang kedinginan dan membutuhkan minuman yang bisa menghangatkan badan. Untuk harga yang ditawarkan untuk semangkuk Wedang Ronde ini berkisar antara 5000 – 7000. Cukup terjangkau bukan apalagi dengan khasiat yang di tawarkan.

Wedang Jahe

Berlanjut keminuman ketiga dalam daftar minuman khas Indonesia. Wedang Jahe sudah sangat terkenal sampai pelosok nusantara. Selain dari cara membuatnya yang mudah juga karena manfaat yang diperoleh dari Wedang Jahe tersebut. Wedang Jahe bermanfaat untuk menghangatkan tubuh jika kalian merasa kedinginan. Cara membuatnya juga cukup mudah hanya dengan memasukan jahe yang sudah dipukul lalu menambah aii panas dan gula, Wedang Jahe sudah bisa dinimmati.

Minuman ini juga bisa kalian beli diwarung atau angkringan dekat rumah kalian. Untuk harganya berkisar dari 2000 – 3000 rupiah. Sangat terjangkau.

Bandrek

Minuman khas masyarakat sunda ini kaya akan rempah rempah. Cocok untuk cuaca dingin atau pengunungan. Khasiat menghangatkan badan akan terasa ketika kalian meminum minuman ini. Terbuat dari jahe dan gula merah sebagai bahan utama. Tetapi biasanya masyarkat mencampur dengan bahan lain untuk mendapat manfaat lebih. Contohnya adalah telur dan susu. Apakah Kalian sudah pernah minum Bandrek?

Bajigur

Minuman Bajigur terbuat dari campuran gula aren dan santan yang berasal dari sunda. Minuman ini juga cocok untuk kalian yang sedang kedinginan karena biasanya bajigur dicampur dengan jahe untuk mendapatkan khasiat jahe tersebut. Jadi jangan lupa kalau kalian kedinginan untuk mencoba minuman ini.

Minuman ini sudah terkenal diseluruh Indonesia sampai tersedia versi siap minumnya. Harganya pun tidak mahal karena dengan uang 3000 kalian sudah bisa mendapatkan minuman ini. Jadi kalian harus mencoba minuman ini.

Es Teler

Setelah minuman untuk menghangatkan tubuh, selanjutnya adalah minuman untuk menyegarkan tubuh ketika kepanasan. Es Teler terbuat dari buah buahan yang dicampur dengan kuah santan yang menyegarkan. Buah buahan yang digunakan biasannya alpukat, nangka dan kelapa muda. Kenapa dinamakan Es Teler karena rasa yang begitu enak maka pedagang menainya dengan Es Teler.
Biasanya dijajakan dengan gerobak keliling atau mangkal disuatu tempat. Es Teler dihargai cukup murah yaitu 5000-7000 rupiah permangkuk. Silahkan kalian coba dan rasakan kesegarannya.

Cendol / Es Dawet

Minuman selanjutnya yang menyegarkan ketika siang hari adalah Cendol atau Es Dawet. Cendol sangat segar jika dinikmati disiang hari yang terik. Selain menyegarkan dahaga ternyata Cendol juga memiliki manfaat bagi tubuh. Karena menggunakan gula merah, cendol bermanfaat untuk melancarkan pembuluh darah. Jadi bukan hanya segar tetapi juga bermanfaat.

Harga segelas Cendol biasanya berkisar antara 5000 – 7000 rupiah. Tidak mahalm bukan untuk minuman menyegarkan dan bermanfaat ini.

Sirup Kawista

Terakhir adalah sirup kawista asal kota rembang. Sebenarnya buah kawista berasal dari India tetapi sirup kawista dikembangkan di Indonesia. Sirup ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang segar. Tinggal menambah air dan es sudah bisa menikmati minuman ini.

Kalian bisa membeli sirup ini dengan harga 25 ribu rupiah di Rembang. Jika kalian tidak punya waktu untuk membelinya langsung di Rembang kalian bisa memanfaatkan aplikasi Titipku untuk membeli produk – produk sejenis.

Tinggal Instal aplikasi Titipku dan cari produk. Ada fitur jatiper yang akan membantu kalian yang tidak sempat keluar rumah untuk membeli produk-produk keinginan kalian. Langsung saja kunjungi website Titipku atau Instal aplikasinya sekarang juga


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar