Senin, 14 Oktober 2019

Kurangi Sampah Botol dengan Hal Ini

| Senin, 14 Oktober 2019
Sumber gambar : duniaq.com


Isu tentang keadaan sampah bukan lagi isu nasional tetapi sudah menjadi isu internasional. Mengelola sampah dengan baik adalah salah satu cara untuk mengurangi volume sampah yang selama ini dihasilkan. Selain itu mengurangi pemakaian barang yang berpoteni menghasilkan sampahyang susah untuk terurai juga menjadi program manusia bersama.

Keseharian kita sangat erat kaitannya dengan plastik tak terkecuali botol plastik. Membuang botol plastik pada tempatnya mungkin akan membuat kita selesai tanggung jawabnya atas sampah tersebut. Akan tetapi plastik susah terurai dalam waktu yang singkat bahkan menurut penelitian, plastik akan teruarai secara alami selama ratusan tahun. Jadi dari pada kalian membuangnya karena sudah tidak terpakai. Kalian bisa memanfaatkan plastik tersebut sebagai hal berikut.

Menjadikannya kotak pensil yang bermanfaat. Jadi jika kalian sudah selesai menggunakan botol platik. Hal yang bisa menjadikannya berguna lagi adalah menjadikan tempat pensil. Kalian tinggal memotongnya menjadi dua bagian. Setelah itu kalian bisa hias dengan pensil warna. Maka jadilah both plastik sampah tersebut menjadi lebih berguna.

Cara kedua adalah menggunakan botol plastik bekas sebagai pot bunga. Ini selain awet selama puluhan tahun juga menghemat pengeluaran ketika kalian ingin berkebun kecil didepan rumah kalian. caranya hampir sama dengan membuat tempat pensil. Yaitu memotongnya menjadi dua bagian lalu diisi tanah sebagai media tanamnya. Sudah! Pot tanaman siap. Jika kalian ingin lebih cantik, kalian bisa menambahkan cat warna warni sebagai hisan.

Terakhir adalah menjadikannya sapu rumah. Cara ini boleh digunakan ketika kalian tidak punya sapu tetapi punya botol bekas. Caranya dengan memotong bagian bawah botol lalu membelah samping samping botol agar mejadi helai – helai. Ikat diatantara helaian tersebut agar menjadi pipih selanjutnya kaitkan dengan kayu sebagai gagangnya. Sapi dari botol siap digunakan.

Jika kalian mampu membuatnya dengan bagus, kalian juga bisa menujualnya sebagai kerajinan tangan. Ada sebuah aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk menjuang kerajinan tangan seperti itu. aplikati tersebut adalah Titipku. Titipkuadalah aplikasi untuk mendukung UMKM dalam memasarkan produknya secara daring. Jadi tunggu apalagi langsung saja kalian instal aplikasi Titipku di ponsel kalian. See You

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar