Minggu, 06 Januari 2019

7 Hal yang Harus Diperdalam Ketika Kuliah

| Minggu, 06 Januari 2019
Kuliah bukan berarti kamu cuma santai-santai datang ke kampus dan mendengar ceramah dosen yang bikin nguap. Waktu yang kamu gunakan buat kuliah bisa dimanfaatkan untuk cari gebetan mengupgrade diri selain datang ke kelas. Ada baiknya selama kuliah kamu memperdalam hal-hal yang akan berguna buat masa depanmu. Inilah 7 hal yang harus kamu perdalam ketika kuliah untuk menunjang kesuksesan di hari esok:

1.       Bahasa asing
Mempelajari bahasa asing memang terdengar sulit dan membutuhkan waktu lama. Tapi sudah banyak bukti kalau menguasai bahasa asing itu worth it! Dengan menguasai bahasa asing kamu bisa membuka jalan menuju dunia yang lebih luas lagi, ga melulu main di situ-situ aja. Persaingan di dunia kerja semakin ketat, jika kamu mau bekerja di negara asing jangan mau kalah hanya karena kamu ga paham sama bahasa asalnya. Tidak hanya buat kamu yang mau kerja di abroad, bagi kamu yang kerja di dalam negeri pun wajib banget buat menguasai bahasa asing apalagi kalau posisi yang kamu incar mengharuskanmu berhubungan dengan klien dari berbagai negara. Ga mau dong keliatan ngga kompeten karena tidak cakap berkomunikasi?

2.       Penulisan ilmiah
Selain bahasa asing, kamu juga perlu memperdalam kemampuan menulis. Ada banyak jenis tulisan, salah satu yang akan berguna di masa kuliah dan bahkan setelah kuliah adalah tulisan ilmiah. Di kuliah, kamu wajib banget tau aturan dalam penulisan ilmiah karena sangat berguna buat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Yup, tugas kuliah itu beda dengan tugas sekolah yang biasanya tidak mementingkan orisinalitas. Kamu tidak bisa lagi copy paste gitu aja dari artikel yang kamu temukan. Di kuliah, kamu akan dituntut untuk bertanggung jawab sama apa yang kamu tuliskan. Itulah kenapa kamu harus mengasah kemampuan menulis ilmiah agar ga berakhir dengan cap sebagai plagiat!

3.       Manajemen waktu
Selama kuliah kamu akan punya waktumu sendiri. Kadang-kadang mahasiswa bisa mengikuti kegiatan bejibun sambil kuliah. Tapi kamu perlu banget memperdalam kemampuan manajemen waktu sejak dini. Bukan hanya untuk kamu yang sibuk, bahkan yang ga sibuk pun harus bisa manajemen waktu dengan baik. Dengan manajemen waktu, kamu bisa mengatur hari-harimu dengan kegiatan yang bermanfaat tanpa takut ada hal yang tidak terpenuhi. Kemampuan ini akan berguna saat kuliah dan kapan pun setelahnya. Saat kuliah, akan ada banyak tugas tidak berperikemanusiaan menggunung yang diberikan pada mahasiswa dengan target selesai pada waktu yang ditentukan dosen alias deadline. Kalau kamu tidak bisa mengatur waktu dengan bijak, bisa-bisa tugasmu terabaikan sementara waktumu habis buat hal-hal lain. Ingatlah, tugas tetaplah tugas yang harus kamu penuhi no matter how mager busy you are.

4.       Berpikir kritis
Mahasiswa adalah agent of change, katanya. Untuk berubah wujud jadi agen perubahan, kamu perlu mengasah kemampuan untuk berpikir kritis. Berpikir kritis berarti melihat sebuah permasalahan dan akar masalah secara sistematis untuk memutuskan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Berpikir kritis sangat penting selain untuk problem soliving juga untuk melihat peluang baru. Dunia kerja nanti mengharuskan kamu untuk melihat beragam masalah secara kritis karena kamu ga bisa asal ambil keputusan gitu aja. Menjadi kritis tidak serta merta mendadak tetapi perlu dibangun dari dalam diri sendiri. Jadi, sudah tau kan kenapa kamu perlu memperdalam kemampuan berpikir kritis ini sejak di bangku kuliah?

5.       Membangun network
Sebagai mahasiswa kamu perlu untuk punya relasi dengan berbagai orang dari bermacam lapisan sosial. Membangun networkalias jaringan kerja sangat penting guna memudahkan urusan-urusanmu. Ga diragukan lagi, manusia tidak bisa sukses sendirian, pasti ada sosok-sosok lain yang mendukungnya. Bisa jadi temanmu sekarang lah yang nantinya akan jadi rekan bisnismu kelak atau bisa jadi salah satu kenalanmu yang akan menghubungkanmu dengan  pekerjaan yang kamu idam-idamkan. Punya jaringan kerja yang luas juga bisa dimanfaatkan untuk membangun reputasi diri yang baik sebab kabar apapun bisa menyebar dari mulut ke mulut. Intinya, memperdalam kemampuan membangun network akan memberikan manfaat yang nanti akan kamu petik!

6.       Kegiatan sosial
Kalau kamu sudah mulai besar kepala dengan titel “mahasiswa” berarti kamu butuh penyadaran diri bernama kegiatan sosial. Eits, jangan salah, kegiatan sosial ini tidak hanya untuk orang lain tapi ujung-ujungnya juga berguna buatmu lho. Mengikuti kegiatan sosial akan membantumu memperdalam kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Kamu akan semakin sadar bahwa sebagai mahasiswa kamu juga punya peran dan tanggung jawab besar untuk masyarakat. Selain itu, menjadi relawan atau volunteer dalam kegiatan sosial juga berguna untuk portofolio.  Banyak pekerjaan yang mengharuskan pelamarnya untuk punya pengalaman dalam bidang yang dipilih, salah satunya menjadi volunteerpada kegiatan sosial terkait.

7.       Public speaking
Selama kuliah, cobalah untuk memperdalam kemampuan public speaking kamu salah satunya pada saat presentasi. Banyak mahasiswa yang menganggap public speaking tidak begitu penting sehingga presentasi kadang berakhir jadi b-aja atau malah nggak banget karena mahasiswa cenderung membacakan bukan menyampaikan.  Padahal, kemampuan ini penting untuk membuat muka umum mengerti apa yang kamu sampaikan.  Percaya atau tidak, kata-kata yang diucapkan bisa lebih kuat daripada kata yang sekedar dituliskan. Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, kamu akan lebih mudah untuk menyampaikan ide dan gagasan kepada lawan bicara, bahkan membuat lawan bicara percaya tidak cuma dengan perkataanmu tetapi juga dengan kamu! Kalau kamu sudah berhasil membuat lawan bicara percaya dengan kamu, bayangkan perubahan apa yang bisa kamu buat!

Banyak hal yang dapat kamu perdalam untuk mengupgrade diri sendiri. Jadi, jangan sia-siakan waktu kuliahmu dengan bermalas-malasan. Yuk, mulai perdalam beragam hal untuk kebaikan masa depan! (Ayw)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar