Minggu, 06 Januari 2019

Cara Meningkatkan Public Speaking Yang Baik

| Minggu, 06 Januari 2019

Siapa diantara kamu yang sangat malu jika diminta untuk bicara didepan umum? Baik didepan kelas atau didepan audiens yang banyak? Tidak semua orang bisa dan mau melakukan semua itu karena merasa malu dan tidak percaya diri. Tapi ada beberapa cara jitu yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu dan memiliki teknik Public Speaking yang baik.

1. Siapkan dan kuasai materi dengan baik

Yang paling pertama kali harus kamu lakukan untuk bisa melakukan public speaking yang baik adalah kamu harus siap dan mampu menguasai materi yang akan disampaikan dengan baik.  Sebelum kamu menyampaikan nya didepan umum, kamu harus terlebih dahulu membacanya berulang-ulang kali. Membacanya jangan Cuma didalam hati, tetapi juga kamu ucapkan dengan suara dan intonasi yang jelas

2. Penampilan rapi dan menarik

Karena kamu akan berbicara didepan umum maka penampilan akan  menjadi sorotan dan fokus utama orang yang akan melihat kita. Untuk bisa mendapatkan penampilan rapi dan menarik tidak harus dengan baju atau pakaian yang mahal. Cukup sebelum kamu pakai, baju atau pakaian kamu setrika terlebih dahulu dan pilihan warna antara atasan dan bawahan harus matching supaya lebih menarik perhatian.

3. Latihan terus-menerus

Latihan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah proses. Sebelum kamu akan berbicara didepan umum juga harus latihan berkali-kali. Membaca skrip atau naskah yang sudah kamu siapkan dengan lantang berulang-ulang dengan artikulasi dan intonasi yang jelas bisa membuat cara bicara kamu semakin lancer.

4. Bercermin

Bercermin adalah hal yang sangat simple dan mudah untuk dilakukan, tetapi banyak yang mengabaikan hal ini. Nah buat kamu yang ingin meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara didepan umum jangan lupa untuk terus bercermin atau melihat diri kita didalam kaca. Hal ini perlu dilakukan karena kita bisa melihat dan menilai sendiri bagaimana penampilan kita.

5. Siapkan permen penyegar nafas

Penting! Buat menambah rasa percaya diri kamu alangkah lebih baik nya jika sebelum kamu berbicara didepan umum bisa terlebih dahulu makan permen penyegar nafas. Gunanya supaya kamu lebih percaya diri serta memiliki nafas yang segar. Sehingga saat berbicara pun nafas terasa segar dan nyaman.
Nah itu beberpa tips untuk meningkatnya public speaking kami supaya lebih bagus dan menarik. Jangan lagi malu bicara didepan umum, terus latihan maka kamu akan terbiasa. Selamat mencoba! (nam)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar