Minggu, 06 Januari 2019

Hal Yang Kalian Harus Tahu Dari Jurusan Akutansi

| Minggu, 06 Januari 2019
Saat membicarakan tentang jurusan kuliah, tentunya pikiran kita sudah terbang jauh di mana nanti kita akan bekerja, pekerjaan terbaik apa yang dihasilkan oleh jurusan yang nantinya akan kita pilih. Memilih jurusan kuliah memang susah-susah gampang dan kadang membingungkan. Pertama, kita harus tahu apa kemampuan kita. Kita bisa mengetahui kemampuan kita dari nilai-nilai di sekolah 
yang kita dapat dan prestasi yang kita raih. Kedua, kita harus tahu passion kita di mana. Saat melakukan suatu hal dan kita menikmati hal tersebut sampai lupa waktu dan ingin melakukannya terus-menerus, maka bisa jadi itulah passion kita. Setelah menemukan dan menentukan kemampuan dan passion, barulah kita sesuaikan dengan dana yang kita miliki untuk bisa mengambil jurusan yang kita mau karena tidak sedikit jurusan tertentu yang mengharuskan untuk menyediakan biaya tambahan untuk praktik, dan lain-lain. Kali ini, kita akan membahas jurusan yang mungkin sudah tidak asing bagi semua orang yaitu jurusan akuntansi.


Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang sering disalah artikan oleh banyak orang karena mereka mengira di jurusan ini tidak ada hitung-hitungan dan mayoritas hanya hafalan. Ternyata itu salah besar. Di jurusan akuntansi pada tahun pertama, kita akan belajar tentang pengantar ilmu akuntansi di mana subjek ini membahas tentang dasar-dasar akuntansi dan penghitungan sederhananya yang sudah kita dapat sewaktu duduk di bangku SMA atau SMK. Selain itu, kita juga belajar tentang mata kuliah umum, yaitu mata kuliah yang menjadi syarat dan harus dilalui semua mahasiswa jurusan apa pun. Di tahun ini, kita juga akan belajar tentang perpajakan, tentunya perpajakan dasar di mana kita akan belajar mencari pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pasal-pasal terkait perpajakan, dan hal mendasar lainnya. 
Di tahun kedua, kita akan belajar sesuatu yang lebih sulit dan merupakan lanjutan dari tahun pertama. Pandangan kita pada akuntansi akan mulai berubah dan biasanya kita sudah mulai bisa beradaptasi dengan jurusan ini. Kita sudah bisa mengetahui strategi belajar yang efektif, cara mengerjakan soal yang benar, dan yang kita pelajari di tahun pertama terasa semakin jelas.
Hal ini berlaku untuk tahun berikutnya dan seterusnya, di mana mata kuliah akan semakin sulit dan kita harus siap bertahan dengan kondisi yang ada. Pada mata kuliah akuntansi biaya, kita dituntut untuk benar-benar memperhatikan aa yang dijelaskan oleh dosen karena jika satu kata terlewat, maka kita akan kesulitan mengerjakan tugas. Akuntansi biaya terkenal sebagai mata kuliah yang sulit dan rumit karena harus belajar tentang macam-macam biaya, pengelompokan beban, biaya overhead, harga pokok penjualan, dan pengklasifikasian barang. Selain itu, mata kuliah lain yang tidak kalah sulit adalah analisis laporan keuangan. Setelah belajar bagaimana mengelompokkan biaya, beban, harga pokok penjualan, biaya per unit, kita harus menganalisis laporan keuangan yang telah disediakan mulai dari ROA, ROI, DER, ROCE, dan lain sebagainya. Jika kita tidak lulus pada salah satu mata kuliah, maka kita akan kehilangan beberapa SKS, sehingga SKS yang kita dapatkan akan terbatas di tahun berikutnya. Apalagi jika mata kuliah yang tidak lulus adalah mata kuliah prasyarat, maka sudah dipastikan kita tidak bisa mengambil mata kuliah berikutnya yang merupakan lanjutan dari mata kuliah prasyarat. 
Baca Juga : 7 Jurusan Keren untuk Buat Anak IPS
Kuliah di jurusan akuntansi mngharuskan kita untuk terus dekat dengan teman, untuk belajar bersama, mengerjakan tugas bersama meskipun bukan tugas kelompok karena di dalam satu soal biasanya akan terdapat beberapa persepsi yang berbeda dan bisa disatukan hanya dengan berdiskusi. Prospek kerja di jurusan akuntansi adalah menjadi auditor, dosen, pengusaha karena di dalam akuntansi juga mempelajari tentang mengelola sebuah usaha mulai dari anggaran, biaya produksi, manajemen biaya, dan manajemen keuangan. Sudah mulai ada gambaran tentang jurursan akuntansi?


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar