Minggu, 06 Januari 2019

MAHASISWA NGLAJU JUGA BISA MAJU

| Minggu, 06 Januari 2019


Sudah menjadi pemikiran umum gak sih kalau sebagai seorang mahasiswa rasanya belum bisa dikatakan mahasiswa sejati kalau belum ikut organisasi atau UKM yang ada di kampus? Kata orang menjadi mahasiswa itu harus bisa memiliki prestasi baik di kelas maupun organisasi? Tetapi ada gak sih diantara kamu yang sebenernya pengen ikut organisasi atau UKM yang ada dikampus tapi terhalang karena salah satu alasan bahwa kamu seorang mahasiswa nglajuers?

Mahasiswa nglajuers itu apasih?

Mahasiswa nglajuers adalah mahasiswa yang tangguh! Mereka setiap hari harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dari rumah sampai kampus. Biasanya seseorang dikatakan mahasiswa nglajuers jika mereka membutuhkan waktu dijalan sekitar 30 – 60 menit bahkan lebih baik memakai sepeda motor atau mobil.  Ada beberapa factor yang mempengaruhi kenapa seseorang harus menjadi mahasiswa nglajuers

1. Tidak Boleh Ngekos sama Orang Tua

Bener gak sih? Ada diantara kalian yang sebenarnya pengen banget ngekos aja karena merasa capek jadi mahasiswa nglaju yang tiap hari bolak-balik rumah-kampus dengan segala resiko yang ada dijalan, entah itu panas, hujan, macet, atau rawan kecelakaan tapi orang tua lebih mengizinkan kamu tetap nglaju aja? Pasti ada ya!?

2. Biaya Hidup di Kos lebih mahal daripada Nglaju

Kalau ini sebenarnya relative ya. Ada yang beranggapan begitu ada yang tidak. Tapi jika dilihat dari kesejahteraan kehidupan kita antara ngekos dengan tetap tinggal di rumah bersama orang tua memang lebih hemat tinggal dirumah sama orang tua. Karena ya membantu orang tua supaya tidak terlalu banyak pengeluaran juga, sudah bayar kuliah mahal, belum lagi bayar uang kos yang juga tidak murah. Akhirnya ini bisa jadi factor yang cukup kuat untuk mengapa orang tetap memilih nglaju.

3. Lebih merasa bahagia tinggal bersama orang tua daripada hidup sendiri di Kos

Bahagia tinggal bersama orang tua sebenarnya menjadi hal yang diinginkan semua orang. Kita pasti lebih bahagia saat satu rumah dengan orang tua, setiap hari ada masakan khas dari Mama, saat sakit juga ada yang merawat, itulah yang juga menjadi salah satu factor kenapa orang-orang rela menempuh perjalanan 30-60 menit bahkan bisa lebih untuk nglaju karena mereka ada alasan untuk pulang dan rela memperjuangkan segala hal untuk bisa tetap kumpul dengan keluarga.

Nah, itu beberapa factor yang mempengaruhi kenapa seseorang harus menjadi mahasiswa nglajuers. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa mempengaruhi, tetapi secara umum bisa disimpulkan seperti itu.

Dari beberapa faktor diatas juga mempengaruhi mengapa mahasiswa nglajuers kebanyakan tidak bisa mengikuti kegiatan organisasi atau UKM yang ada dikampus. Karena mereka sudah merasa saat harus mengikuti organisasi atau UKM maka kegiatan mereka dikampus akan sangat padat. Program kerja rutin organisasi, rapat rutin organisasi belum lagi tugas kampus dari dosen akan membuat mereka menjadi mahasiswa super sibuk. Meskipun ada juga mahasiswa yang mereka tetap aktif dalam organisasi atau UKM meskipun mereka juga mahasiswa nglaju yang harus bolak-balik kampus dengan jarak tempuh yang cukup jauh tapi mereka rela melakukan semua itu, disitu lah merekah menjadi mahasiswa yang sangat tangguh!!!

Tapi bagaimana dengan kamu yang mahasiswa nglajuers yang tidak bisa ikut aktif dalam organisasi kampus atau UKM tapi juga ingin maju seperti teman-teman yang lain? Ada beberapa cara yang bisa kalian coba.

1. Ikut mendaftar sebagai panitia saat ada event kampus

Meskipun kamu bukan anggota dari organisasi tertentu tapi setiap organisasi atau UKM mereka pasti memiliki program kerja atau event yang juga membutuhkan panitia dari luar anggota nya. Disitu lah kesempatan bagi mahasiswa nglajuers yang pengen merasakan kegiatan dalam suatu event/acara untuk ikut mendaftar. Meskipun bukan panitia inti tapi kalian bisa belajar bersama-sama.

2. Mencari organisasi/komunitas diluar kampus
Aktif dalam organisasi tidak hanya didalam kampus aja lho. Kalian juga bisa mencari organisasi/komunitas diluar kampus yang waktunya lebih fleksibel. Banyak sekali komunitas-komunitas yang positif yang bisa kalian ikuti. Misalkan suka dengan bidang fotografi maka organisasi/komunitas tentang fotografi yang ada diluar kampus bisa kalian cari dan tentunya mencari waktu yang lebih fleksibel dan lebih  mudah kalian ikuti supaya tidak mengganggu kuliah.

3. Aktif dalam masyarakat
Meskipun tidak bisa mengikuti kegiatan organisasi di kampus tetapi kalian bisa lebih aktif didalam masyarakat atau lingkungan tempat kalian tinggal. Karena sejati nya menjadi seorang mahasiswa adalah mereka juga akan kembali ke rumah tempat tinggal mereka dan mengabdi kepada masyarakat tempat kamu tinggal.

Nah itu beberapa cara yang bisa kalian coba ya! Meskipun jadi mahasiswa nglaju yang tiap hari keliatannya Cuma jadi mahasiswa kupu-kupu, tetapi kalian tetap bisa maju dan berkembang seperti teman-teman yang aktif dalam organisasi kampus. Banyak organisasi atau komunitas lain yang bisa kamu ikuti diluar sana, jadi tidak menghambat kamu untuk terus belajar dan menambah pengetahuan. (nam)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar