Rabu, 08 Mei 2019

Lagu Klasik yang Cocok buat Relaksasi

| Rabu, 08 Mei 2019

Sebagai mahasiswa, tentu kita punya kesibukan masing-masing. Tak jarang pula kita merasa jengah dengan semua kesibukan kita. Kuliah sudah padat, belum lagi bila ditambah kesibukan di luar kuliah. Kerja part-time, organisasi, sampai jadi asisten penelitian. Tingkat stres kita tentu bakal naik, dan bisa berdampak juga ke kesehatan kita sebagai mahasiswa.

Supaya enggak gampang sakit, kita perlu menjaga mood dan stres level kita. Salah satu caranya adalah mendengarkan musik. Tapi apa kalian tahu, menurut penelitian di Universitas Negeri Semarang, mendengarkan musik klasik bisa menurunkan level stres kita lho!

Nah, triviu.id punya beberapa list lagu klasik yang bisa jadi rekomendasi hilangin stres kalian! Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

 Air – J.S. Bach

Bach adalah komposer yang jago bikin lagu relaksasi. “Air” ini salah satunya. Kalau enggak percaya, coba deh dengar sendiri di yotube, yang versi biola. Komposisi not bernada tinggi dan bernada rendahnya pas banget. Terus, ritmenya yang pelan ditambah nada yang panjang bikin kita serasa damai jiwa raga. Lagu ini juga cocok buat dijadiin lagu pengantar tidur, lho.

Clair de Lune – Claude Debussy

Kalau indie identik sama senja, lagu klasik identik dengan malam. Malam ada apa? Ya, ada bulan. Arti lagu ini Sinar Rembulan. Lagu ini seperti menceritakan seseorang yang sendirian menikmati indahnya rembulan, sambil ditemani bisikan alam, dan mengenang memori-memori bahagia dalam hidupnya. Cocok didengarkan pas lagi naik gunung. Apalagi, sambil minum teh hangat dan ditemani yang tersayang. Uhh, mantap!

Baca Juga : 3 Tips Berhemat di Bulan Ramadhan Ala Anak Kos

Moonlight Sonata – Ludwig van Beethoven


Lagu ini diciptakan Beethoven dalam perasaan galaunya yang sangat. Saat itu, ia menjalin perasaan dengan salalh satu muridnya, Giulietta. Karena perbedaan kasta sosial, Beethoven tidak dapat meneruskan perasaannya. Akhirnya, ia hanya bisa meratapi nasibnya, sambil menulis lagu ini. Apalagi, ia mulai tuli. Kalian akan menemukan nuansa sedih yang mendalam dari lagu ini. Benar-benar menyentuh!

Nocturnes, Op. 9: No. 2 – Frederic Chopin


Nocturne ini merupakan karya terbaik Chopin. Dalam lagu ini, kalian akan menemukan romansa yang menyejukkan. Alunan piano Chopin yang khas romantika abad 19 ini cocok sekali sebagai pengantar tidur. Cocok juga untuk teman baca buku kalian. Coba deh!

 Ground – Henry Purcell

Nah ini dia lagu pamungkas. Ground ini dibuat dengan latar belakang abad 17. Lagu ini bernuansa kesedihan yang mendalam. Permainan not tinggi dan rendah beralun dengan sempurna. Di bagian chorus, kalian akan menemukan not yang lebih progresif, dan diakhiri dengan alunan lembut. Lagu ini sangat sederhana, tapi terasa penuh di telinga. Super recommended!

Demikian list lagu klasik rekomendasi dari triviu.id. Semoga kalian akan berpikir ulang sebelum menganggap lagu klasik itu lagu yang kuno. Oh, iya satu lagi, semoga kalian bisa relaksasi ya!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar