Rabu, 26 Juni 2019

Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa di Jogja

| Rabu, 26 Juni 2019
https://unsplash.com/photos/UZe35tk5UoA


Menjadi mahasiswa memiliki perjuangannya masing – masing mulai dari perjuangan masuk universitas idaman menjalani kehidupan kampus sampai dengan proses menuju kelulusan. Jika kalian adalah mahasiswa asli Jogja dan tinggal didekat kampus mungkin masalah ini sedikit tidak relevan dengan kalian tetapi jika kalian adalah mahasiswa rantau yang jauh dari orang tua maka tips dibawah ini mungkin akan membantu kalian dalam berhemat kuliah di Jogja.

Beberapa tips berasal dari pengalaman pribadi penulis dan beberapa sisanya adalah pengalaman teman-teman penulis. Diharapkan tips yang disajikan bisa kalian terapkan agar kalian tidak sering terkena kangker (kantong kering) diakhir bulan.

Warmindo

Jika kalian adalah mahasiswa Jogja kalian tidak akan asing dengan warmindo. Warung makan indomie adalah kepanjangan dari warmindo. Warung warmindo biasanya menyajikan menu-menu yang bervariasi mulai dari nasi telur, nasi goreng, magelangan dan indomie tentunya.

Jangan kuatir dengan gizi yang disajikan oleh warung makan ini. Jika kalian memesan nasi telur atau nasi sarden kalian sudah mendapatkan sayur untuk memenuhi nutrisi kalian. Selain makan murah kalian juga sudah memenuhi nutrisi sayuran.

Untuk harga sendiri setiap warmindo memiliki otonomi untuk menentukan harga makanannya tetapi sudah menjadi rahasia umum jika harga makanan diwarmindo rata – rata 6500 – 8000 perporsinya. Harga ini sangat terjangkau buat kalian yang ingin berhemat.

Kobessah Kopi / Mato Kopi

Aktivitas nongkrong menjadi salah satu hal yang wajib buat mahasiswa. Kalian bisa mengerjakan tugas atau sekedar bertemu dengan teman – teman kalian. Akan ada banyak sekali pilihan tempat nongkrong buat kalian di Jogja dengan harga yang bermacam – macam.

Kobessah Kopu dan Mato Kopi adalah rekomendasi untuk kalian yang ingin tempat nongkrong yang cozy tetapi tidak menguras dompet. Tempatnya gampang dijangkau bahkan buat kalian yang tidak memiliki kendaraan bermotor.

Menu yang disajikan ada berupa makanan dan minuman. Harga minuman mulai dari 3 ribu untuk segelas es teh atau 5 ribu untuk segelas kopi. Untuk makanan mulai dari 7 ribu rupiah kalian sudah bisa makan nasi telur dengan lalapannya.

Angkringan For Last Month

Akhir bulan adalah momok bagi sebagian mahasiswa rantau atau bahkan hampir semua. Saat akhir bulan kalian bisa menghabiskan sisa uang kalian di angkringan. Saya tidak menyarankan kalian untuk makan indomie diakhir bulan karena itu tidak sehat untuk berkepanjangan. 

Lebih baik kalian makan di angkringan karena harga di angkringan masih sangat terjangkau. Dengan 5 ribu rupiah kalian bisa mendapat 2 nasi dan 2 gorengan. Cukup untuk sekali makan.

Part Time

Bila 3 tips diatas berhubungan dengan pengeluaran maka tips selanjutnya adalah berkaitan dengan mendapatkan uang tambahan. Karena berhemat itu bukan hanya tentang pengeluaran tetapi tentang pemasukan juga. Kalian bisa mulai dengan bekerja part time.

Banyak sekali mahasiswa yang melakukan hal ini dan terbukti lumayan membantu mereka dalam urusan keuangan. Kalian bisa menjadi pelayan cafe atau kalian menjadi penjaga toko sepatu. Akan banyak pekerjaan yang bisa kalian lakukan kalian tinggal kalian mau untuk mencari atau tidak.

Beasiswa

Selain bekerja part time kalian juga bisa mencari beasiswa untuk menambah uang saku kalian. Ketika kalian kuliah biasanya banyak perusahaan yang menyediakan beasiswa dengan kualifikasi tertentu. Jangan ragu untuk mendaftar beasiswa tersebut karena itu akan membantu kalian dalam bidang keungan.

Selain dari perusahaan yang menyediakan beasiswa, dari dalam kampus biasanya juga menyediakan beasiswa. Jadi jangan malas untuk mencari informasi beasiswa agar kalian tidak tertinggal informasi beasiswa.

Contoh perusahaan yang memberi beasiswa yaitu BNI BRI DIASPORA dan yang lainya. Sedangkan beasiswa dari dalam kampus bisa beasiswa prestasi dan bibit unggul.

Entrepreneur

Terakhir adalah kalian bisa menjadi pengusaha kecil – kecilan. Karena usaha yang besar juga berasal dari yang kecil. Maka kalian yang memilki jiwa pengusaha bisa untuk menyalurkan passion kalian waktu kuliah ini.

Kalian bisa memasarkan produk – produk kalian kepada teman teman atau dosen kalian. Jangan malu untuk memulai. Ingatlah ini akan membantu kalian untuk hidup hemat dan mandiri sebagai mahasiswa rantau. Apalagi di era sosial media saat ini kalian bisa memanfaatkan jaringan sosial media untuk memasarkan produk kalian.

Seaumapama kalian membuat produk kaos dengan desain kalian sendiri kalian tinggal mengiklankan disosial media kalian lalu tawarkan kepada teman – teman kalian. Pasti akan mendapat keuntungan dari jualan tersebut.

Atau kalian bisa memanfaatkan marketplace yang ada. Contohnya adalah Titipku. Di Titipku produk kalian akan disebarluaskan secara gratis tanpa biaya. Jadi ini merupakan kesempatan yang bagus. Dengan jaringan Titipkuyang luas akan membantu produk produk kalian untuk dikenal oleh masyarakat.

Segera instal aplikasi Titipku di Smartphone kalian atau kunjungi websitenya untuk info lebih lanjut. See you

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar