Sabtu, 22 Juni 2019

Tips Memilih Jurusan Waktu Mau Kuliah

| Sabtu, 22 Juni 2019

Memilih jurusan kuliah adalah hal penting bagi kalian yang melanjutkan ke dunia kuliah ataupun pendidikan tinggi lainya. Baik melanjutkan di universitas sampai perguruan tinggi ikatan dinas. Menentukan jurusan menjadi hal yang serius yang harus kalian lakukan. Karena memilih jurusan adalah awal kalian dalam menentukan masa depan. Jurusan sangat berpengaruh untuk kalian kedepannya dalam memilih pekerjaan yang kalian inginkan.

Tidak mungkin kalian ingin bekerja disektor pariwisata tetapi kalian memilih jurusan Kimia murni atau sebaliknya. Walau dalam banyak kasus orang - orang bekerja tidak pada jurusan yang mereka tempuh dalam pendidikan tinggi.

Hal selanjutnya kenapa memilih jurusan menjadi penting adalah ketika kalian menjalani pilihan kalian tersebut. Bukan cuma 1 - 2 tahun kalian menggeluti jurusan tersebut tetapi lebih dari 3 tahun. Jika kalian tidak suka atau salah dalam mengambil jurusan kalian akan menjalani hari yang kurang nyaman dalam hari hari kuliah.

Sudah tahukan bagaimana pentingnya memilih jurusan waktu masuk universitas. Banyak hal yang bisa kalian lakukan sebelum memilih jurusan. Berikut adalah beberapa hal yang kalian bisa lalukan untuk menentukan jurusan.

Kenali Minat

Hal pertama yang penting dalam memilih jurusan adalah mengenali minat diri sendiri. Ini penting karena jika kalian mengenali minat kalian, kalian bisa melakukannya dengan senang hati dalam menjani kuliah.

Jika kalian mampu mengenali bakat kalian, lamanya menepuh studi akan sedikit tidak terasa dengan kalian enjoy dengan apa yang kalian lakukan.\

Contohnya kalian suka menggambar dan berfikir kreatif kalian bisa masuk ke jurusan DKV atau Arsitektur, atau kalian suka hitung menghitung kalian bisa masuk jurusan Matematika. Silahkan gali minat kalian sedalam mungkin.


Baca Juga : Saham untuk pemula, mahasiswa juga bisa!



Jangan Ikut Teman

Banyak mahasiswa salah jurusan karena waktu memilih jurusan ikut-ikutan teman atau sahabat. Ini adalah kesalahan jika kalian ingin memilih jurusan. Jangan pernah ikut-ikutan teman.
Lebih baik kalian konsultasi bersama teman-teman kalian bagaimana menentukan jurusan itu. Karena teman kalian memiliki minat dan bakat yang berbeda dengan kalian jadi jangan sampai ikut - ikutan

Prospek Kerja

Kalian setelah lulus kuliah pasti ingin bekerja kan. Ini adalah pertimbangan selanjutnya jika kalian ingin memilih jurusan. Jadi kalian bisa lihat bagaimana peluang kerjanya jika kalian lulus dari sana. Apakah sesuai dengan apa yang kalian inginkan atau tidak sesuai dengan yang kalian inginkan

Misalnya kalian ingin bekerja sebagai reporter disebuah perusahaan televisi nasional. Kalian bisa memilih jurusan Ilmu komunikasi atau teknik informatika. Atau kalian ingin bekerja peneliti fenomena sosial kalian bisa memilih jurusan sosiologi. Dan amsih banyak lagi.

Biaya Kuliah

Faktor terakhirnya adalah masalah biaya. Karena tidak bisa terpungkiri bahwa biaya memiliki kekuatan dalam mengubah pilihan kita, jadi kalian bisa mempertimbangkan biaya kuliah agar kalian tidak menyesal memilih jurusan tersebut.

Untuk kalian yang masih menjadi beban orang tua, pastinya kalian tidak mau membebani orang tua kalian dengan biaya kuliah selangit. Maka bijak dalam memilih jurusan dan universitas.
Pilihlah universitas yang berada didekat rumah kalian, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk uang kos dan biaya makan karena jauh dari orang tua.

Selain itu usakan kalian mengambil semua kesempatan beasiswa jika menemukan peluang, itu akan sangat membantu kalian dalam meringankan beban orang tua ketika menempuh studi.
Ambilah pekerjaan part time sesuai dengan minat kalian untuk menambah uang saku.

Misalnya kalian suka berjalan-jalan dan membeli makanan atau cinderamata kalian bisa mendaftar sebagai penyedia jasa titip beli diaplikasi Titipku. Kalian bisa mendapat uang tambahan dan bonus mengenal produk-produk setempat silahkan kunjungi web Titipku atau langsung download aplikasinya.

Itulah beberapa tips jika kalian ingin memilih jurusan ketika mau kuliah. See you

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar